Istilah-Istilah dalam Dendrologi

  1. Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.
  2. Belukar adalah hutan kecil dengan tumbuhan penyusun berupa kayu yang rendah-rendah.
  3. Tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya 60 hari. Contoh tumbuhan yang dominan adalah sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan perdu, dan rumput alang-alang. Pada umumnya, tumbuhannya mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin.
  4. Savana dari daerah tropik terdapat di wilayah dengan curah hujan 40 – 60 inci per tahun, tetapi temepratur dan kelembaban masih tergantung musim. Savana yang terluas di dunia terdapat di Afrika; namun di Australia juga terdapat sabana yang luas. Hewan yang hidup di savana antara lain serangga dan mamalia seperti zebra, singa, dan hyena.
  5. Stepa adalah padang rumput yang luas.
  6. Gurun terdapat di daerah tropik yang berbatasan dengan padang rumput. Ciri-ciri ekosistem gurun adalah gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar. Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berukuran kecil. Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, semut, ular, kadal, katak, kalajengking, dan beberapa hewan nokturnal lain.
  7. Pohon adalah tumbuhan yang cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun. Pohon memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk yang jelas.
  8. Semak adalah tumbuhan yang memiliki batang berkayu, dan bentuknya lebih kecil dibanding dengan bentuk pohon
  9. Perdu adalah tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, dan tidak mempunyai batang yang tegak.
  10. Herba adalah tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau tanaman yang bersifat perdu.
  11. Terna adalah tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu.
  12. Apex adalah ujung daun. Bentuk ujung daun yang sering dijumpai pada tumbuhan antara lain runcing, meruncing, tumpul, membulat, rompang, terbelah dan berduri.
  13. Margo adalah bentuk tepi daun dimana tepi daun dapat dibedakan menjadi tepi daun yang rata dan yang bertoreh (bersinus). Tepi daun bertoreh ada yang torehannya dangkal dan ada yang torehannya dalam.
  14. Basic adalah pangkal daun, dimana pangkal daun dapat dibedakan menjadi atenuat, pasak, asimetris, tumpul, rompang, jantung, perfoliat, dan lain sebagainya.
  15. Nervatio adalah pertulangan daun, dimana berdasarkan susunan tulangnya, susunan tulang daun dapat dibedakan menjadi tulang daun menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar. Tulang daun berfungsi untuk memberi kekuatan pada daun dan sebagai jalan untuk pengangkutan zat-zat makanan.
  16. Circumscriptio adalah bangun daun atau bentuk daun.
  17. Ptiola (tangkai daun) merupakan bagian daun yang mendukung helaiannya dan berfungsi untuk menempatkan helaian daun pada posisi sedemikian rupa seingga dapat memperoleh cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Bentuk dan ukuran tangka daun berbeda-beda menurut jenis tumbuhannya, biasanya berbentuk silinder dengan sisi atas agak pipih dan menebal pada pangkalnya.
  18. Alternate (Tersebar, Spiral) adalah tata letak daun dimana satu daun dalam setiap buku, daun menuju ke berbagai arah. Modifikasi : Alternate distichous (berseling) dimana daun hanya menuju ke 2 arah yg berlawanan.
  19. Opposite (Berhadapan) adalah tata letak daun dimana dua daun dalam setiap buku dengan posisi saling berhadapan. Antar buku umumnya bersilangan
  20. Endosprema adalah hasil pembelahan inti primer endosperma  yang berkali-kali, dan berfungsi memberi makan embrio pada biji yang sedang berkembang. Tidak semua golongan tumbuhan membentuk endosperma. Tumbuhan yang tidak membentuk endosperma adalah suku Orchidaceae, Podostemaceae, dan Trapaceae.
  21. Evergreen adalah jenis pohon yang selalu hijau sepanjang tahun.
  22. Decidious adalah jenis pohon yang mengguguran daunnya pada musim tertentu.
  23. Native species adalah spesies tumbuhan yang merupakan spesies asli dari suatu daerah.
  24. Exotic species adalah spesies tumbuhan yang bukan spesies asli dari suatu daerah atau bisa disebut sebagai spesies pendatang.
  25. Hutan tropis adalah hutan-hutan yang berada di daerah khatulistiwa.
  26. Hutan temperate adalah hutan-hutan di daerah yang memiliki 4 musim, terletak di antara garis lintang 23,50-660
  27. Subtropis adalah hutan yang terletak di daerah dengan iklim yang berada pada 2310-400 dan merupakan daerah peralihan antara iklim tropis dan sedang.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s